Iklim Purwakarta

Purwakarta beriklim panas yang terbagi atas zona panas dan zona sedang, berkisar antara 22°-32° C pada siang hari 17°-26° C pada malam hari. secara agroklimat, Purwakarta berada di daerah lembab permanen (1-4 bulan basah/tahun dengan curah hujan 100 mm/bulan). jumlah bulan kering rata-rata 1-3 bulan/tahun.

Curah hujan antara 1.413 mm - 4.501 mm/tahun, dengan curah hujan rata-rata 3.039 mm/tahun. curah hujan tertinggi umumnya terjadi pada bulan Januari, Februari, Maret dan Desember. Kondisi ini biasa terjadi di Kecamatan Wanayasa (4.501 mm). Hari hujan paling banyak adalah 148 hari.

Mengenai resevoir atau resapan air, Kabupaten Purwakarta memiliki beberapa sumbe mata air yang sangat berpengaruh terhadap keseimbangan air. Diantaranya terdapat di Gunung Sanggabuana, Gunung parang, serta Pasir Katungandak di wilayah Kecamatan Wanayasa dan Pasir Madang di Kecamatan Campaka. Selain itu, zona air tanah dari ukuran sedang sampai dangkal terdapat di wilayah Sungai Cikao di Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Plered dan Kecamatan Campaka. Untuk zona air tanah ukuran dalam, tredapat di wilayah Kecamatan Darangdan dan Kecamatan Wanayasa. Untuk air genangan antara lain adalah Bendungan Ir. H. Djuanda dan sebagian area Bendunganan Cirata.

Dibaca : free hits

Purwakarta Hits

Ajarkan Pelajar Bertani, Bupati Dedi Gelar Panen Raya

Ratusan siswa dari SD, SMP dan SMA ikut serta dalam acara panen rata di Desa Warung Jeruk Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta. Keterlibatan para pelajar dalam acara ini karena area per...

Read more

Gallery Wisata