Yuk! Mengintip Taman-taman unik di Purwakarta!

Amazing Purwakarta      2016-05-10

Sebuah taman merupakan komponen yang cukup penting dalam perkotaan. Keberadaan taman kota dapat menumbuhkan rasa toleransi dalam diri warga kota; terhadap sesama manusia, juga terhadap makhluk hidup lainnya. Taman yang tertata dengan indah merupakan cerminan dari kota dengan kualitas masyarakat yang baik. Maka dari itu, Purwakarta hadir dengan berbagai taman untuk dinikmati oleh khalayak ramai.

Kalau sabahat kebetulan sedang liburan ke Purwakarta, tak ada salahnya untuk mengunjungi taman-tamanya yang unik dan cantik. Apa saja taman- taman unik yang ada di Purwakarta? Yuk, kita intip satu- satu.

1. Taman Sri Baduga



Taman Air Mancur Sri Baduga ini terletak di pusat kota, tepatnya di kawasan Situ Buled di Jalan KK Singawinata, Kampung Situ, Desa Nagri Kaler. Lokasinya yang strategis membuatnya sangat mudah diakses dari segala penjuru Purwakarta.

Taman Sri Baduga dilengkapi dengan air mancur berskala internasional. Pertunjukan air mancur Sri Baduga yang mempunyai unsur light effect dan semburan api di atas air itu disebut-sebut sebagai air mancur terbesar se-Asia Tenggara. Siraman air yang bersinergi dengan alunan musik menjadi hiburan yang mampu menyihir audiens. Apalagi, pertunjukan ini digelar pada malam hari, sudah pasti warna-warni lampu yang menyorot air mancur akan indah untuk ditangkap oleh mata kamera.

Sahabat bisa mengunjungi taman ini setiap malam minggu mulai pukul 19.30. Tak ada pungutan biaya apa pun untuk masuk area taman. Yang terpenting, selalu jaga kebersihan dan ketertiban bersama, ya, Sahabat Purwakarta.

2. Taman Citra Resmi



Satu lagi taman super keren yang berada di kawasan Situ Buled , yaitu Taman Citra Resmi. Adalagi Taman Citra Resmi yang dibangun sebagai penanda perjuangan wanita Sunda dan Taman Surawisesa di mana tempat arena bermain anak-anak ada di taman itu.

Bagi urang Sunda, nama Dyah Pitaloka Citraresmi tentu sudah tidak asing lagi. Putri Sunda yang terkait dengan sejarah Perang Bubat ini kini diabadikan menjadi taman cantik di Purwakarta, Taman Citra Resmi. Dengan patung badak putih sebagai simbol Purwakarta, dikelilingi oleh cantiknya bunga-bunga, Taman Citra Resmi seolah berkata bahwa kita tidak boleh melupakan sejarah, apalagi sejarah Sunda yang semakin hari semakin dilupakan oleh anak muda. Keindahan Taman Citra Resmi tentu dapat menjadi pilihan bagi Sahabat Purwakarta untuk ber-selfie ria sebelum memasuki Taman Sri Baduga. Dan, jangan heran jika banyak terlihat anak muda berlari pagi di hari Minggu di kisaran Taman Citra Resmi. Karena bagi anak-anak muda Purwakarta, kisaran Citra Resmi memang terkenal sebagai tempat berolah raga pagi. Wah, kapan nih kita lari bareng?

3. Taman Pancawarna



Taman Pancawarna ini berada di Jl Gandanegara, lebih tepatnya di kawasan Kantor Setda Purwakarta. Nama Pancawarna yang berarti ‘lima warna’ secara simbolis cukup menggambarkan suasana taman. Warna-warni bunga langsung menyambut saat kita memasuki areal Taman Pancawarna. Kolam dengan air mancur mengelilingi bangunan Pendopo. Di sebelahnya terdapat sebuah jembatan kecil melengkung nan elok yang membawa kita pada pelataran kantor Bupati yang gagah dihiasi kereta kencana. Di taman ini terdapat banyak tempat duduk yang dilengkapi dengan free wi-fi.

Sahabat Purwakarta bisa masuk dan menikmati keindahan Taman Pancawarna secara cuma-cuma pada waktu yang sudah disediakan. Tapi, ada syaratnya. Tidak boleh menginjak rumput, apalagi membuang sampah sembarangan.

4. Taman Maya Datar



Taman Maya Datar ini tepat berada satu lokasi dengan Taman Pancarwarna. kata Maya Datar bermakna alun-alun di mana orang-orang yang berada di arealnya dianggap sejajar meski berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Berangkat dari sanalah, Kang Dedi Mulyadi, selaku bupati Purwakarta, menamai taman di komplek Pendopo Pemkab Purwakarta, Maya Datar.

Taman Maya Datar tampil begitu cantik dengan bunga-bunga di sekelilingnya, serta dua air mancur yang dilengkapi dengan pencahayaan yang ciamik. Macan putih yang melambangkan Prabu Siliwangi pun seolah mengaum gagah di muka taman.

Meski Taman Maya Datar biasa berfungsi sebagai lapangan alun-alun kota yang biasa digunakan untuk pelbagai upaca resmi, namun taman cantik ini juga dibuka untuk masyarakat luas pada pagi dan sore hari. Jadi, setelah seharian bekerja keras, tidak ada salahnya Sahabat Purwakarta melepas penat di Taman Maya Datar. Tapi ingat, selalu jaga kebersihan agar Purwakarta indah dipandang.

Taman Maya Datar tepat berada di depan Taman Pancawarna. Maya Datar sekaligus menjadi nama Alun-alun Purwakarta yang dahulu bernama Alun-alun Kian Santang. Kini Alun-alun Maya Datar menyajikan dua menu taman yang indah yakni Taman Maya Datar itu sendiri dan Taman Pesanggrahan Padjadjaran.

5. Taman Pasanggrahan Padjadjaran



Taman Pasanggrahan ini berada di Alun- Alun Purwakarta yang dulunya bernama Alun - alun Kian santang, tergolong sebagai destinasi taman baru yang nantinya akan di resmikan oleh Presiden Joko Widodo. Di kawasan ini menyajikan dua taman yang super cantik yakni Taman Maya Datar dan Taman Pasanggrahan.

Taman ini dihiasi dengan berbagai jenis bunga yang cantik dan asri, dan yang menariknya terdapat dua patung harimau yang menyemburkan api air mancur yang penuh warna. Di kawasan ini juga menyajikan dua air mancur kujang yang sangat indah saat dinikmati malam hari. Selain itu di taman tersebut juga terdapat dua bangunan leuit raksasa atau lumbung padi masyarakat sunda masa lalu.

Taman ini dibuka untuk umum, gratis. Sahabat bisa menggunakanan Taman ini untuk pre-wedding serta melangsungkan akad nikah di Pendopo. Untuk waktu berkunjung ke Taman Pasanggrahan Pajajaran bisa mengikuti waktu - waktu berikut, Untuk hari Senin Sampai Jumat taman tersebut di buka mulai Pukul 06.00 WIB sampai Pukul 09.00 WIB. dan Jam 16.00 hingga Pukul 18.00 WIB. serta malam hari Pukul 19.30 WIB dan berakhir Pukul 20.30 WIB. sementara untuk hari Minggu akan dibuka sepanjang hari hingga malam.

6. Taman Pembaharuan



Taman Kota selain berfungsi sebagai ruang terbuka hijau, juga memiliki fungsi sebagai sarana edukasi. Salah Satunya Taman Pembaharuan yang dirancang dengan mengandung nilai filosofi dan unsur edukasi, taman ini dipercantik dengan tokoh - tokoh nasional yakni Soekarno, Bung Hatta, serta Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Dibaca : free hits

Purwakarta Hits

Ajarkan Pelajar Bertani, Bupati Dedi Gelar Panen Raya

Ratusan siswa dari SD, SMP dan SMA ikut serta dalam acara panen rata di Desa Warung Jeruk Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta. Keterlibatan para pelajar dalam acara ini karena area per...

Read more

Gallery Wisata